Ini sebabnya diperlukan kontrol terhadap emisi uap bensin dari dalam tangki.
Kontrol uap bensin ini dikenal dengan EVAP evaporative emission control system.
fungsi dari EVAP adalah untuk membantu mengurangi resiko penguapan zat beracun dari bensin.
System ini dirancang untuk menyimpan dan menyalurkan uap bensin agar tidak menguap begiu saja di udara,tapi disaring dulu menggunakan bahan arang dalam wadah EVAP canister hose dan kemudian disalurkan agar ikut dalam proses pembakaran di dalam mesin.
sistem EVAP ini terdiri dari:
1.Tabung EVAP canister yang berisi arang
2. Purge valve atau katup elektronik yang menghubungkan antara tabung EVAP canister dengan intake manifold.

ketika mesin mobil hidup , gerakan piston menciptakan kevakuman
pada inttake manifold sehingga menyedot udara bersih dan uap bensin tersebut masuk keruang pembakaran.
Namun ada komponen yang menjaga agar uap bensin tersebut tidak masuk ke intake manifold setiap saat. komponen tersebut adalah PURGE VALVE. Purge valve dikontrol oleh ECM secara computerized. ECM memberi perintah kapan katup membuka agar uap bensin yang disimpan dalam evap canister ikut terbakar didalam mesin, dan kapan katup tertutup agar uap bensin tidak dapat masuk ke intake manifold.
purge valve terbuka ketika mesin berputar pada putaran tinggi sekitar 3000 rpm, bukan pada saat idle.
Seperti itulah gambaran system kerja pada EVAP canister yang terdapat pada mobil secara umum.
Bagi anda yang ingin berkonsultasi mengenai masalah pada mobil anda dapat datang ke bengkel kami yaitu BRIZMO berkah rizki motor. bengkel spesialis nissan datsun didaerah kalideres jakarta barat.
alamat kami adalah JL.Peta selatan , rt7rw11 kalideres, Jakarta barat.
cp suryanto 0888 0835 8189
Jika evap canister rusak, apa gejalanya bos
BalasHapus