Selasa, 17 Juli 2018

Fungsi EVAP Canister Purge Selenoid Valve

Emisi pada kendaraan tidak hanya gas buang atau asap kendaraan saja,tetapi ada jenis emisi lainnya yang berasal dari mobil. Emisi tersebut adalah uap bensin dari tangki bahan bakar. Bensin yang digunakan sebagai bahan bakar terdiri dari ratusan bahan kimia,seperti benzena,xilena, etilbenzena,toluena. Zat zat yang menguap ini dapat mengakibatkan gangguan pernafasan, pusing,dan sakit kepala jika terhirup.

Ini sebabnya diperlukan kontrol terhadap emisi  uap bensin dari dalam tangki.
Kontrol uap bensin ini dikenal dengan EVAP evaporative emission control system.
fungsi dari EVAP adalah untuk membantu mengurangi resiko penguapan zat beracun dari bensin.
System ini dirancang untuk menyimpan dan menyalurkan uap bensin agar tidak menguap begiu saja di udara,tapi disaring dulu menggunakan bahan arang dalam wadah EVAP canister hose dan kemudian disalurkan agar ikut dalam proses pembakaran di dalam mesin.

sistem EVAP ini terdiri dari:
1.Tabung EVAP canister yang berisi arang
2. Purge valve atau katup elektronik yang menghubungkan antara  tabung EVAP canister dengan intake manifold.

cara kerjanya adalah: ketika bahan bakar menguap di dalam tangki,uap tersebut disalurkan ke tabung Evap canister melalui selang. Uap tersebut disaring dan disimpan disana sampai uap tersebut dapat disalurkan ke mesin untuk disertakan dengan campuran udara dan bahan bakar untuk proses pembakaran.
ketika mesin mobil hidup , gerakan piston menciptakan kevakuman
pada inttake manifold sehingga menyedot udara bersih dan uap bensin tersebut masuk keruang pembakaran.
Namun ada komponen yang menjaga agar uap bensin tersebut tidak masuk ke intake manifold setiap saat. komponen tersebut adalah PURGE VALVE. Purge valve dikontrol oleh ECM secara computerized. ECM memberi perintah kapan katup membuka agar uap bensin yang disimpan dalam evap canister ikut terbakar didalam mesin, dan kapan katup tertutup agar uap bensin tidak dapat masuk ke intake manifold.
purge valve terbuka ketika mesin berputar pada putaran tinggi sekitar 3000 rpm, bukan pada saat idle.


Seperti itulah gambaran system kerja pada EVAP canister yang terdapat pada mobil secara umum.


Bagi anda yang ingin berkonsultasi mengenai masalah pada mobil anda dapat datang ke bengkel kami yaitu BRIZMO berkah rizki motor. bengkel spesialis nissan datsun didaerah kalideres jakarta barat.

alamat kami adalah JL.Peta selatan , rt7rw11 kalideres, Jakarta barat.
cp suryanto 0888 0835 8189 

 

1 komentar:

Bengkel Spesialis NISSAN DATSUN Jakarta Barat-BRizMo

Berkah Rizki Motor - BRizMo  Berkah Rizki Motor-Brizmo adalah bengkel umum spesialis nissan datsun di daerah kalideres jakarta barat.Selai...